Home » » Daftar Status Error Web Server; 403, 404, 500, 503, 504

Daftar Status Error Web Server; 403, 404, 500, 503, 504

Jakarta (TarKaya) - Error tersebut biasanya memiliki arti masing-masing untuk itu TarKaya mencoba menyajikan, antara lain :

Error Logs
Web server (hosting), secanggih apapun perusahaan yang mengelolanya, apakah itu di Indonesia, USA, UK, Singapore, yang mahal maupun yang murah, satu saat pasti akan mengalami ERROR. Penyebab error sendiri, cuma dua, yakni; kerusakan pada script/CMS yang kita gunakan, atau gangguan pada web server hosting. Jika Sobat mengalami hal ini, jangan keburu panik, baca dahulu beberapa status pesan error yang lebih banyak dan sering muncul pada web browser Sobat.

Error karena Kerusakan Script/CMS
Jika terjadi error akibat dari kerusakan/kesalahan didalam script, biasanya pesan yang muncul adalah; error 404 dan 500. Pesan error ini berlaku kepada semua pengguna CMS seperti WordPress, Drupal. Joomla!, Prestashop dlsb

Penyebab Error 403
403 pada dasarnya bukan Error murni, melainkan berupa pesan “FORBIDDEN”, sehubungan dengan pembatasan hak akses Sobat. Bila terjadi masalah ini, berarti Sobat tidak memiliki authority untuk mengakses halaman/url tersebut.

Penyebab Error 404
Tanda eror 404 berarti halaman yang Sobat tuju sudah tidak eksis, telah di hapus atau bisa juga dirubah url nya. Error 404 sangat erat kaitannya dengan SEO, olehkarenanya Sobat harus terus memeriksa laman, agar tahu jika terjadi broken link yang menyebabkan error 404.

Penyebab Error 500
Tanda error 500 terjadi, jika ada kesalahan pada konfigurasi .htaccess, dan mod_rewrite. Penyebabnya karena Apache server tidak dapat memenuhi permintaan/query yang diperintahkan user saat mengeksekusi sebuah perintah.
Tips memperbaiki Error 404 dan 500
Cara Memperbaiki Error 403
Bila error ini terjadi pada laman, sementara Sobat tidak melakukan pembatasan hak akses pada url tersebut silahkan periksa:
  • Konfigurasi plugin, component atau code yang Sobat gunakan
  • Periksa CHMOD
Cara Memperbaiki Error 404
  • Buat content baru sesuai dengan url yang hilang
  • Gunakan tekhnik redirect 301
  • Untuk alasan SEO, hinndari membuat custom 404 page not found.
Cara Memperbaiki Error 500
Meskipun banyak sekali penyebab error 500, biasanya error 500 terjadi setelah Sobat melakukan perubahan pada code/script CMS yang di gunakan, seperti setelah menginstall plugin, component, module bagi pengguna CMS WordPress, Joomla, Drupal dlsb.
  • Menghubungi pihak penyedia web hosting terlebih dahulu, untuk mencari tau, apakah plugin/bahasa program kita install dapat berjalan didalam webserver yang kita sewa.
  • Uninstall/deactivate plugin yang baru saja  Sobat install
  • Merubah dari htaccess.txt menjadi .htaccess, atau menambah code pada .htaccess
  • Menghubungi developer plugin
  • Temukan solusi melalui forum CMS yang Sobat pakai
Error karena Performa/Konfigurasi Web Server
Untuk kasus ini, error yang sering muncul adalah: Error 500, 502. 503 dan 504.

Penyebab Error 500 dan Memperbaikinya
500 Internal Server Error adalah error yang sering kita jumpai, yang berarti sesuatu yang tidak benar telah terjadi pada server situs laman, tetapi server tidak bisa lebih spesifik mengenali apa masalah yang sebenarnya.

Error 500 internal server ini, biasanya hanya bersifat sementara saja ,atau tergantung kwalitas teknisi penyedia web hosting memperbaikinya. Dalam kasus ini Sobat dapat menghubungi pihak web hosting.

Penyebab Error 503 dan Memperbaikinya
Error 503 menandakan url yang Sobat tuju sedang tidak eksis, hal ini dapat disebabkan oleh web server yang sedang down, overload, maintenance dlsb.

Error 503 ini sangat erat kaitannya dengan SEO. Sobat harus jeli memaknainya. Sebab bila laman Sobat sering mengalami 503. Misalnya; dalam sehari terjadi down 30 menit secara rutin, hal ini berarti laman Sobat down selama 15 jam sebulannya. Jika kejadiannya seperti ini, Sobat harus hati-hati , karena Google akan menganggap laman “bad”. Selanjutnya Sobat dapat mempridiksi, apa yang terjadi pada rangking laman Sobat pada pencarian Google.

Bila terjadi seperti ini, pemecahan masalahnya adalah, pindahkan laman Sobat ke web hosting yang lebih baik performanya,

Penyebab munculnya Error 504
Error 504 secara umum sama persis dengan error kode 503, yakni buruknya performa web server yang Sobat gunakan. Oleh karenanya, sangat disarankan untuk segera memindahkan hosting laman Sobat ke web hosting yang lebih baik.

Terimakasih sudah membaca & berbagi TarKaya - Semoga cepat Kaya

Previous
« Prev Post

TarKaya

Populer