Home » » Promosi online Lewat Youtube.

Promosi online Lewat Youtube.

Jakarta (TarKaya) - Menempatkan iklan di media sosial memberikan hasil yang positif bagi popularitas suatu bisnis online, yangmana langkah-langkah promosi online melalui Youtube, antara lain:

1. Menentukan Fitur yang Sobat akan gunakan
Pertama-tama hubungkan akun Youtube dengan akun AdWords yang Sobat miliki, ada baiknya memilih fitur “biaya maksimum per klik” yang akan menentukan berapa besar biaya yang harus Sobat keluarkan, saat iklan yang Sobat pasang disaksikan oleh para pengguna Youtube. Sobat dapat memilih salahsatu dari sekian banyak format iklan yang ditawarkan oleh Youtube. Untuk proses promosi pertama, Sobat dapat membugetkan dengan kisaran harga US$ 0.1 hingga US$ 0.4, selanjutnya Sobat dapat menyesuaikan pengeluaran yang efektif dan efiesien bagi Sobat, yang dapat disesuaikan dalam masa proses promosi berlangsung.

2. Menentukan Target Audience yang Sobat inginkan
Setelah melalui tahap pertama, tahap selanjutnya adalah menentukan target audience yang sesuai dengan promosi yang Sobat inginkan. Pada tahap ini, Sobat dapat memilih target berdasarkan klasifikasi umur, dan gender para pengguna Youtube.

Selanjutnya, Sobat dapat juga menentukan topik, dan sub-topik dari iklan yang akan dipasang. Sebagai contoh; jika Sobat ingin mempopulerkan produk Sofa dan Kursi Tamu, maka secara teori mungkin Sobat dapat menggunakan topik “Furniture”, juga lebih efektif lagi, bila Sobat menggunakan sub-topik “Sofa” atau “Kursi Tamu”.
Setelah itu, silahkan Sobat mulai dengan menggunakan kata kunci yang menarik, dan tempatkan URL Youtube pada channel Youtube yang tepat, dan sering dilihat oleh banyak pengguna internet.
3. Menyesuaikan Target dengan Keyword
Setelah membuat perencanaan mengenai kata kunci iklan yang akan Sobat pasang di Youtube, Sobat juga dapat mulai mempridiksi, kiranya pengguna  Youtube akan sering mencari dengan keyword apa, saat mereka menggunakan Youtube. Menentukan minat, dan demografi pada iklan Youtube, akan membuat iklan yang Sobat pasang segera muncul, pada saat para pengguna Youtube mengetikkan frasa, atau kata-kata tertentu pada kolom pencarian Youtube. Kata kunci yang tepat akan memperbesar peluang bagi akses iklan yang Sobat pasang.
4. Menentukan Format Iklan secara jeli
Pada tahap ini, Sobat dapat memilih saluran Youtube yang akan menjadi sarana iklan Sobat, disamping Sobat juga harus memilih format kemunculan iklan di Youtube. Secara umum, ada 2 jenis iklan yang dapat ditampilkan Youtube, yakni; iklan yang tampil sebelum Video Youtube diputar, dan iklan yang muncul pada display kanan halaman Youtube.

Jika Sobat ingin menggunakan iklan yang tampil sebelum Video Youtube diputar, Sobat harus memastikan terlebih dahulu, bahwa awal Video Iklan Sobat yang akan diinsert pada Video, adalah sebuah Video Iklan  yang menarik dari awal sampai akhir, jadi tidak membuat para pengguna Youtube menekan tombol skip sebelum Video Iklan Sobat selesai. Sedangkan untuk iklan yang ditampilkan di display sebelah kanan halaman Youtube, kreasi visual yang menarik menjadi salah satu penentu, banyaknya klik pada iklan Sobat di Youtube.
5. Menentukan Atribut Iklan
Tahap ini adalah tahap terakhir dalam proses pemasangan iklan pada Youtube, yakni dengan menentukan URL tujuan, Thumbnail gambar, Nama Iklan dan Teks Iklan (bagi iklan yang ditempatkan pada kanan display halaman Youtube). Pilihlah destinasi yang akan mengarahkan para pengguna Youtube ke halaman ke video atau saluran Youtube tertentu ketika mengklik iklan yang kita pasang. Disamping menentukan destinasi, kita juga bisa menggunakan companion banner berukuran 300×60 saat memasang iklan pada kanan display halaman Youtube.

Terimakasih sudah membaca & berbagi TarKaya - Semoga cepat Kaya

Previous
« Prev Post

TarKaya

Populer