Home » , » Cara Mudah Koneksikan 2 Database MySQL dengan PHP

Cara Mudah Koneksikan 2 Database MySQL dengan PHP

Jakarta (TarKaya) - Sobat bisa gunakan PHP untuk buat koneksi dua database MySQL berbeda secara simultan. Hal ini berguna saat Sobat ingin mengakses informasi yang disimpan pada server yang berbeda, atau ketika Sobat ingin membaca di server pertama, dan menulis di server kedua.

Fungsi PHP "mysql_connect" memungkinkan Sobat memiliki beberapa koneksi ke beberapa database MySQL sekaligus, dengan masing-masing identifikasi pada tautan MySQL yang berbeda.

Langkah-langkah
  • Buka koding PHP yang Sobat buat dengan Notepad atau sejenisnya
  • Simpan alamat, username, dan password untuk dua database MySQL dalam variable PHP, sebagai contoh "$myhost1 = "namadomain1.com"; $myusername1 = "user1"; $mypassword1 = "password1"; $myhost2 = "namadomain2.com"; $myusername2 = "user2"; $mypassword2 = "password2";".
  • Buatlah koneksi ke database MySQL pertama dengan menggunakan fungsi "mysql_connect(server_address, username, password)".
  • Fungsi "mysql_connect” akan mengembalikan link identifier MySQL jika berhasil. Misalnya "$link1 = mysql_connect ($ myhost1, $ myusername1, $ mypassword1);", dengan "$link1" menjadi MySQL identifier link untuk database pertama.
  • Buatlah koneksi ke database MySQL kedua dengan menggunakan fungsi "mysql_connect (server_address, username, password)" , tetapi dengan MySQL identifier link  yang berbeda daripada koneksi pertama. Misalnya, "$link2 = mysql_connect ($myhost2, $myusername2, $mypassword2);", dengan "$link2" menjadi MySQL identifier link untuk database kedua.
  • Simpan menjadi file PHP, dan jangan lupa dengan koding tag php yakni “<?php” dan “?>”

Terimakasih sudah membaca & berbagi TarKaya - Semoga cepat Kaya

Previous
« Prev Post

TarKaya

Populer